Daftar Museum Terbaik Yang Ada Di Indonesia

Daftar Museum Terbaik Yang Ada Di Indonesia – Selain kaya akan wisata pantainya, Indonesia juga memiliki banyak tempat wisata yang bersejarah berupa museum. Biasanya orang-orang mengunjungi museum untuk menambah pengetahuan. Oleh karenanya tidak jarang jika mereka akan mengajak buah hatinya untuk mengunjungi museum tersebut. Lantas apa saja museum terbaik yang ada di Indonesia dan wajib untuk dikunjungi ketika libur sekolah tiba?

Rekomendasi Museum Terbaik Yang Ada Di Indonesia

Bagi yang ingin berlibur namun tidak ingin berpanas-panasan mengunjungi museum bisa dijadikan pilihannya. Selain tidak kepanasan di dalam museum Anda juga bisa berfoto-foto dengan spot instagenic. Di Indonesia sendiri banyak sekali museum yang bisa dikunjungi ketika hari libur sekolah tiba seperti berikut ini.

  • Museum Angkut Batu

Rekomendasi pertama museum yang bisa Anda kunjungi ketika hari libur tiba yaitu Angkut Batu. Di dalam museum itu nantinya Anda bisa melihat berbagai macam koleksi transportasi baik dari dalam negeri maupun level dunia. Adapun koleksi transportasi yang ada di dalam museum ini meliputi sepeda, mobil, pesawat dan kapal. Perlu diketahui museum Angkut Batu ini termasuk ke dalam museum transportasi terbesar di Asia tenggara. Oleh karenanya tidak heran jika hampir setiap harinya museum Angkut Batu tidak pernah sepi oleh pengunjung. Sedangkan untuk lokasinya sendiri berada di kota Malang Jawa Timur.

  • Museum Fatahillah

Museum nasional lokasinya berada di Jakarta Barat atau tepatnya di Jalan Fatahillah kawasan kota tua. Konon menurut ceritanya dulunya bangunan ini merupakan balai kota Batavia. Diketahui museum Nasional itu menyimpan sebanyak 23.500 koleksi barang bersejarah dengan berbagai macam bentuk mulai replika hingga benda asli. Daya tarik dari museum Nasional ini yaitu bangunannya yang bergaya neoklasik dengan 3 lantai dan pintu serta jendela terbuat dari kayu jati berwarna hijau tua.

  • Museum Blanco Renaissance

Selain dikenal memiliki pantai yang indah, Bali juga mempunyai museum yang wajib untuk dikunjungi ketika berada di pulau tersebut. Museum itu bernama Blanco Renaissance yang didirikan oleh Antonio Blanco seorang seniman keturunan Spanyol. Dulunya Antonio berkeliling dunia untuk mendalami pengetahuan mengenai kesenian dan pada akhirnya ia berhenti di pulau Bali tepatnya pada tahun 1952. Di dalam bangunan itu nantinya para pengunjung bisa melihat berbagai macam karya lukisan yang pernah dibuat oleh Antonio itu sebelum dirinya meninggal dunia di tahun 1999.

  • Museum Tsunami Aceh

Ketika berkunjung ke Aceh kurang afdol rasanya jika tidak mengunjungi museum tsunami. Bangunan itu sengaja dibuat sebagai rasa hormat Atas kejadian bencana gempa bumi yang menerjang Aceh pada tahun 2004 yang lalu. Bukan hanya itu saja museum tsunami Aceh juga dijadikan pusat pendidikan dan tempat perlindungan darurat jika bencana gempa terjadi kembali. Sedangkan untuk perancang museum tsunami Aceh sendiri adalah Ridwan Kamil yang merupakan gubernur Jawa Barat. Di dalam bangunan itu nantinya para pengunjung bisa melihat foto-foto dari para korban tsunami yang dipajang di dinding dengan disertai nama mereka. Untuk tiket masuknya sendiri juga terbilang sangatlah terjangkau sehingga tidak perlu khawatir akan menguras isi kantong.

  • Museum Siwalima

Salah satu museum yang ada di Indonesia bagian timur yaitu Siwalima. Lokasi persisnya museum ini berada di teluk Ambon yang dikelilingi pemandangan indah. Diketahui nama museum ini berasal dari kata Siwa yang berarti 9 dan Patalima yang memiliki arti 5. Museum siwalima sendiri menyimpan berbagai macam koleksi sejarah mengenai geologi, biologika dan kelautan yang sebagian besar berasal dari Maluku.

  • Museum Geologi

Bagi yang ingin mengetahui fosil dari hewan purba dinosaurus maka museum geologi ini bisa dijadikan pilihan untuk dikunjungi. Konon menurut sejarahnya museum ini dulunya dijaga oleh Japan international Cooperation Agency. Kemudian bangunan itu diresmikan pada 23 Agustus 2000 untuk dijadikan museum. Museum geologi sendiri dijadikan sebagai tempat untuk melakukan penelitian dan pendidikan. Sedangkan koleksi yang ada di dalamnya berupa materi yang berkaitan dengan dunia geologi seperti batuan, fosil, mineral dan kondisi natural alam. Untuk lokasinya terletak di kota Bandung.

  • Museum Rekor Indonesia

Museum rekor Indonesia lebih dikenal dengan nama MURI. Bangunan bersejarah ini terletak di kota Semarang dan telah berhasil menyimpan sekumpulan rekor-rekor yang sudah dilakukan berbagai orang di Indonesia. Semenjak museum ini diresmikan masyarakat Indonesia sangat antusias untuk bisa memecahkan rekor baik dalam skala nasional maupun internasional. Bisa dibilang jika museum rekor muri Indonesia ini tidak pernah sepi oleh pengunjung bahkan di hari kerja sekalipun tetap ada orang yang datang. Selain itu untuk tiket masuknya sendiri juga terbilang tidaklah mahal.

  • Museum Anak Kolong Tangga

Bisa dibilang jika museum anak kolong tangga merupakan museum mainan pertama yang ada di Indonesia. Museum yang lokasinya berada di provinsi Yogyakarta ini dibangun pada tanggal 2 Februari 2008 oleh Rudy Coren. Latar belakang dibangunnya museum ini berawal dari kekhawatiran terhadap anak-anak dan remaja yang cenderung melupakan tradisi serta budaya di zaman now. Untuk mainan yang tersedia di dalam bangunan itu berasal dari era 90-an. Setidaknya terdapat 16.000 koleksi mainan, buku cerita, buku gambar yang berasal dari dalam negeri maupun luar. Museum ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bernostalgia di masa kecil.

Itulah beberapa rekomendasi museum yang bisa Anda jadikan pilihan untuk liburan akhir tahun. Dalam hal ini agar jalan-jalan ke museum bisa berkesan sebaiknya telah mencari informasi terlebih dahulu mengenai cium yang hendak dikunjungi. Untuk mengetahui informasi tentang museum itu bisa mencari tahu di internet.