Wisata Di India

Daya Tarik Wisata Di India yang Kental Akan Budaya dan Tradisinya

India merupakan negara yang sangat terkenal dengan kekentalan budaya dan tradisinya meskipun sudah berada di era modern saat ini. Akan tetapi, hal inilah yang mampu menunjang berbagai sektor pariwisata di Indonesia banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing.

Tempat wisata yang ada di India tidak hanya sebatas lokasi wisata saja, namun juga terdapat wisata untuk melihat upacara adat yang diberlangsungkan secara rutin dari masyarakat lokal India. Perayaan upacara adat tersebut biasanya untuk memperingati hari-hari tertentu yang sudah berjalan sejak dahulu kala.
Dengan demikian, ketika datang ke India dan melihat adanya penyelenggaraan upacara khusus tentunya tidak perlu bingung lagi terkait adat dan budaya yang saat ini sedang berjalan di India. Jika menginginkan untuk melihat secara langsung adanya upacara yang diselenggarakan tentunya bisa datang di waktu yang tepat.

India juga menawarkan desain arsitektur dari bangunan yang sangat menarik dan khas. Ditambah lagi dari penawaran upacara adat yang diperlangsungkan di tempat tertentu menjadikan atmosfer dari negeri dongeng ini semakin lebih kental terhadap budaya dan tradisinya.

Daya Tarik Upacara dan Festival di India

1. Festival Cahaya Diwali
Festival cahaya ini menjadi salah satu bagian dari festival terbesar yang dilangsungkan di India. Pada penyelenggaraan festival cahaya ini biasanya akan dilangsungkan selama 5 hari secara berturut-turut.
Saat akan memulai festival cahaya Diwali ini dilakukan biasanya dari masyarakat lokal India akan beramai-ramai menyalakan lilin di rumahnya masing-masing. Terselenggaranya festival cahaya Diwali akan ditutup dengan menyalakan petasan sehingga bisa menjadi momen yang sangat menyenangkan untuk hari penutupan yang sangat meriah didatangi oleh banyak orang.

2. Festival Warna Holi
Festival warna holi ini merupakan salah satu tradisi upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat lokal India. Pada saat sedang diselenggarakan upacara adat holi ini akan berkumpul banyak orang di tengah kota untuk memeriahkan acaranya. Kegiatan yang diperlukan untuk festival warna holi biasanya akan melemparkan berbagai macam taburan warna ke arah udara untuk meningkatkan kemeriahannya. Berlangsungnya festival holi juga akan tersedia jajanan khas di India yang terlihat cerah dengan tampilan warna untuk memberikan daya tarik bagi para orang-orang yang datang di tengah kota. Ketika sudah malam hari tiba tentunya untuk festival warna holi akan terus dilanjutkan melalui proses api unggun Holika.

3. Persembahan Bagi Sang Raja Onam
Upacara adat yang ditujukan bagi sang raja ini biasanya akan diselenggarakan selama 10 hari secara berturut-turut. Pada proses penyelenggaraan kegiatan yang satu ini menjadi bentuk penghormatan yang ditujukan pada Mahabali yaitu sang raja iblis yang berasal dari literatur kuno. Banyak diantara masyarakat India ketika sedang melakukan upacara adat ini akan menyediakan berbagai macam hidangan tradisional khas India. Kemudian ketika acaranya sudah dimulai akan menyanyi dan menari yang di berlangsungkan selama 10 hari secara berturut-turut. Apabila datang ke India dan menyaksikan upacara adat ini sebaiknya memilih waktu yang tepat dengan menyesuaikan penyelenggaraan upacara adat yang akan diperlangsungkan. Bagi wisatawan asing bisa menanyakan informasi secara lengkap pada agen wisata ataupun melalui internet guna memperoleh informasi secara akurat.

4. Festival Emas Bhandara
Pada kegiatan upacara untuk festival emas ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan festival holi yang diselenggarakan di tengah kota. Akan tetapi, untuk festival emas ini hanya menyediakan satu serbuk warna yang nantinya juga dilemparkan ke udara dan biasanya warna yang digunakan yaitu warna emas. Sementara itu, untuk serbuk yang digunakan berasal dari bubuk kunyit sehingga aman bagi mata ataupun kulit para pengunjung yang tengah datang di festival emas ini. Penyelenggaraan kegiatan festival emas akan dilangsungkan dalam setahun sekali tepatnya di Kuil Khandoka yang lokasinya berada di Maharashtra.
Berlangsungnya festival emas ini akan terselenggara dengan meriah karena banyak sekali masyarakat lokal hingga wisatawan asing yang datang ke lokasi diselenggarakannya festival emas. Dengan demikian bagi wisatawan asing bisa turut serta untuk menikmati kemeriahan yang dilangsungkan dari festival emas dengan melemparkan serbuk warna emas ke udara.

5. Krishna Janmashtami
Dilangsungkannya upacara yang satu ini memang diselenggarakan secara khusus dalam memperingati kelahiran dari Dewa Khrisna. Pada saat terdapat perayaan upacara adat ini biasanya masyarakat lokal India akan menyiapkan dan melakukan pengisian terhadap beberapa pot tanah liat menggunakan yogurt.
Selain itu, pada beberapa sekelompok pemuda akan diselenggarakan acara untuk mencoba pemecahan pot yang telah disiapkan oleh masyarakat. Proses pemecahan pot tersebut melalui cara pembuatan piramida manusia.

Hal ini dikarenakan, pot yang telah diisikan dengan yogurt tersebut digantungkan pada posisi yang terbilang cukup tinggi. Sehingga siapapun yang datang ke perayaan upacara adat penyembahan peringatan kelahiran dari sang dewa ini memang berlangsung sangat meriah dan menarik.

Sehingga bagi para wisatawan yang ingin datang ke India memang wajib untuk menyaksikan perayaan ini karena dalam penyelenggaraannya sendiri dibutuhkan semangat dan kreativitas dalam pembuatan piramida manusia. Permainan yang dilangsungkan memang terbilang cukup mirip dengan permainan panjat pinang namun tidak tersedia pinang untuk peringatan sang dewa ini.

Itulah sejumlah daya tarik wisata yang ditawarkan oleh negara India dengan kekentalan akan budaya dan tradisi khas yang masih berjalan sejak dulu sampai sekarang ini. India merupakan salah satu negara yang sangat terkenal dengan tradisi upacara adat serta peringatan untuk pemujaan sang dewa melalui prosedur dan tata cara sesuai dengan ketentuan di negara tersebut. Bagi anda yang tertarik untuk datang, bisa membeli tiket wisata melalui website www.theglobalcouple.com yang juga memberikan panduan tentang perjalanan.